21034305_1465765820112905_2701377576782492321_n

Hai, sobat Syibudi…ketemu lagi. Kali ini aku mau menunjukkan salah satu bagian dari sekolahku. Tahu tidak, di setiap kelas di sekolahku ada perpustakaan mini. Kami menamainya dengan berbagai istilah, ada yang tertulis pojok baca, sudut baca, ataupun reading corner. Semua itu sama sobat, istilah-istilah tersebut untuk menyebutkan salah satu bagian kelas yang berfungsi sebagai tempat untuk membaca.

Pojok baca di setiap kelas memiliki banyak koleksi buku. Buku-buku tersebut diperoleh dari perpustakaan dan dari para siswa, baik yang disumbangkan maupun sekedar dipinjamkan. Buku-buku di pojok baca biasanya berupa buku-buku cerita ringan, pengetahuan terkini, kisah- kisah nabi, dan buku-buku lain.

Sobat Syibudi, pojok baca di setiap kelas dipenuhi dengan hiasan-hiasan menarik, yang dibuat oleh yanda bunda dan siswa-siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Solo. Hiasan-hiasan yang ditempelkan bernuansa alam, sehingga seolah-olah kami dibawa ke tempat lain ketika membaca. Padahal ruangan itu sebenarnya mengambil sudut kecil di dalam kelas, tetapi karena hiasan-hiasan yang dipasang membuat kesan luas dan bebas. Selain itu terdapat kata-kata mutiara yang ditempel di pojok baca, yang mampu menginspirasi sehingga kami makin senang untuk membaca.

Sobat Syibudi, aku senang sekali membaca di pojok baca. Kami memang dianjurkan membaca buku di pagi hari antara 5-10 menit, agar kami terbiasa membaca.  Sungguh pojok baca membuat kami nyaman ketika membaca, kami boleh membaca sambil duduk di kursi, ataupun duduk di karpet di pojok baca. Pojok baca dijadikan sarana bagi sekolah untuk menggalakkan program literasi, sehingga siswa senang untuk membaca. Bagaimana dengan kalian? mari kita ramaikan pojok baca, kita sukseskan anak Indonesia suka membaca sehingga anak Indonesia bisa menjadi generasi yang berilmu.

(Visited 24 times)

Leave a Comment

7 × 1 =